Manfaat Memasang Google Analytic




Fungsi utama dari Google Analytics adalah untuk menganalisa trafik website, sehingga pemilik website dapat melihat laporan harian, mingguan dan bulanan trafik web-nya. Laporan trafik akan ditampilkan dalam bentuk grafik.

Google Analytic dapat juga dimanfaatkan untuk menganalisa dan mengoptimalkan kekurangan teknik SEO (Search Engine Optimizer) dengan melihat laporan tersebut. Google Analytics sangatlah penting terutama bagi yang mengikuti program Adsense dan semacamnya seperti CPM (Cost Per Impression) atau CPC (Cost per Click). Karena dengan Google Analytics, pemilik web/blog dapat mengetahui jumlah pengunjung (visitor) harian, mingguan dan bulanan.
Cara untuk mensetting Google Analytic  sangat sederhana, berikut langkahnya :

  1. Pertama masuk ke https://www.google.com/analytics/web/
  2. Klik Sign Up Now di sudut kanan atas halaman.
  3. Isi formulir pendaftataran
    • Account Name = Isi dengan Nama Blog, website, atau nama anda. (Disarankan untuk menggunakan nama blog).
    • Website’s Url = Pilih http:// lalu masukkan url blog anda pada kotak berikutnya.
    • Time Zone = Pilih “Indonesia” atau tempat lain dimana anda tinggal, GMT = Pilih zona waktu anda.
    • Your Country or territory = Pilih “Indonesia”
    • Baca Persyaratan Layanan Google Analystics
    • Berikan tanda checklist pada kotak “Term Of Condition” jika anda setuju dengan persyaratan dan kententuan memiliki akun google analytics.
    • Kemudian klik Tombol “Create Account”.

  4. Setelah proses selesai anda akan dibawa kehalaman tracking kode. Perhatikan gambar berikut, klik gambar untuk memperbesar.


  5.  Pada pilihan “What are you tracking?”
    Pilih apakah situs anda hanya domain tunggal, satu domain dengan beberapa domain, atau beberapa domain tingkat atas. Setelah itu copy kode pelacakan (script google analytics) kemudian klik tombol simpan dibagian bawah.
  6. 5. Buka tab baru di browser, kemudian login ke wordpress. Pilih menu appearance kemudian klik editor. Setelah klik file header.php di sebelah kanan halaman, setelah deretan kode ditampilkan cari kode </head> kemudian paste kode google analytics tadi tepat di atas kode </head>, kemudian klik update file. Selesai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.