Pemasaran Sosial (Social Marketing) dan
Pemasaran Media Sosial (Pemasaran Media Sosial), dua istilah ini
terdengar hampir sama, tapi sesungguhnya berbeda. Jika Anda pernah mendengar keduanya,
pasti akan mudah untuk membedakan maknanya. Tetapi banyak yang masih
sering tertukar dalam menggunakan kedua istilah ini. Ada pula yang terus
tumbuh dengan kebingungan antara definisi, kesamaan dan perbedaan
pemasaran sosial dan konsep baru pemasaran media sosial (social media
marketing atau SMM).
Berikut adalah definisi untuk kedua hal tersebut :
Pemasaran sosial atau Social Marketing
"Pemasaran sosial adalah sebuah proses
yang menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dan teknik untuk membangun,
mengkomunikasikan, dan meciptakan nilai untuk mempengaruhi perilaku
khalayak sasar yang menguntungkan masyarakat (dalam berbagai aspek
sosial seperti kesehatan masyarakat, keselamatan, lingkungan dan budaya)
serta khalayak sasar itu sendiri." - Phillip Kotler, Nancy Lee dan
Michael Rothschild (2006)
Pemasaran media sosial atau Social Media Marketing (SMM)
"SMM menggabungkan tujuan marketing
internet dengan situs media sosial Digg, Flickr, MySpace, YouTube dan
banyak lainnya. Tujuan SMM akan berbeda untuk setiap bisnis atau
organisasi, namun kebanyakan akan melibatkan beberapa bentuk viral
marketing untuk membangun gagasan atau kesadaran merek, meningkatkan
visibilitas, dan menjual produk atau jasa. SMM juga termasuk manajemen
reputasi online." -Wikipedia 2007
Apa bedanya?
Sosial marketing adalah perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi program yang dirancang untuk membawa perubahan
sosial, menggunakan konsep pemasaran komersial. Dalam pemasaran sosial
"produk" adalah ide perubahan sikap atau perilaku sosial, seperti
mendorong anak-anak untuk berhenti merokok, dan melindungi lingkungan.
Biasanya pemasaran sosial bersifat non-profit. Pemasaran sosial
dipopulerkan di tahun 1970-an oleh Phillip Kotler dan Gerald Zaltman.
Bagaimana dengan Pemasaran Media Social atau Social Media Marketing (SMM)?
Pemasaran Media Sosial sangat terkait
dengan internet, melalui berbagai jejaring sosial. SMM merupakan
pendekatan pemasaran baru yang menggunakan media sosial seperti MySpace,
Facebook, YouTube, Flickr, kelompok Yahoo, dll untuk menciptakan
komunitas yang terkait dan menciptakan interaksi langsung dengan
pelanggan dan pelanggan potensial. SMM juga dipopulerkan oleh para
blogger dan pengguna aktif media sosial.
Apa saja persamaannya?
Pemasaran Sosial dan Pemasaran Media
Sosial dapat bersinggungan, pada saat perubahan perilaku diupayakan
terjadi melalui pendekatan pemasaran media sosial. Saat ini di Indonesia
sudah sangat banyak upaya-upaya yang mendorong terciptanya perilaku
baru melalui media sosial. Beberapa di antaranya di Indonesia adalah:
blog dokter, Indonesia Berkebun, GreenerationID, akademi berbagi, yatim
online. Klik Hati, sebagai kegiatan CSR Merck, diadakan untuk memberikan
penghargaan terhadap kegiatan-kegiatan sosial yang dilaksanakan melalui
media sosial.
Seiring dengan makin berkembangnya
teknologi, memang kecenderungan masyarakat Indonesia untuk terus
terkoneksi, dan menciptakan hal-hal yang baru, positif dan membangun,
telah memberi warna tersendiri pada media sosial Indonesia.
Dalam hal inilah, kita semua dapat melakukan pemasaran sosial dengan pendekatan pemasaran media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.